Translate

Kamis, 16 Mei 2013

SOP Tabung Pemadam Kebakaran



SISTEM DAN PROSEDUR PENGGUNAAN TABUNG PEMADAM KEBAKARAN


Sebelumnya pastikan tabung pemadam kebakaran tersebut masih ada tekanannya yang tertera pada jarum penunjuk tekanan tabung.
 
1.       Pull the pin
Tarik pin yang terdapat pada bagian atas tabung pemadam. Penarikan pin tersebut akan melepaskan sistem penguncian pada pemadam tersebut sehingga dapat mengeluarkan racun api untuk pemadaman api.

2.       Aim at the base of fire
Arahkan tabung racun api tersebut ke sumber/ dasar api, bukan pada kobaran api! Ini penting, karena untuk memadamkan api, Anda harus memadamkan sumber atau dasar apinya.

3.       Squeeze the lever slowly
Tekan tuas pemadam secara perlahan-lahan. Jika tuas tersebut dilepaskan, maka racun api akan berhenti disemburkan.

4.       Sweep from side to side
Arahkan pemadam racun api dengan gerakan menyapu, yaitu dari satu sisi ke sisi yang lain hingga api benar-benar padam. Semburkan pemadam dari jarak yang aman, dan semburkan lebih dekat setelah api mulai padam. Pastikan Anda membaca terlebih dahulu instruksi yang terdapat di tabung pemadam, karena masing-masing tipe pemadam menganjurkan jarak aman yang berbeda-beda.





nb :
Ingat, ketika api telah dipadamkan, jangan langsung meninggalkan area yang terbakar. Pastikan sekali lagi in case ada percikan api yang dapat menyala lagi. Isi ulang fire extinguisher setelah pemakaian.

1 komentar:

  1. Cukup simple dan dapat menjadi inspirasi...
    terima kasih!

    BalasHapus